Things To Do At Danau Toba

Posiesandpomps – Kalau anda sedang berkunjung ke Sumatera Utara, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke danau vulkanik dan sekaligus danau terbesar di Indonesia.

Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan, berjarak sekitar 174 km dari ibukota Sumatera Utara Medan atau sekitar 3,5 jam perjalanan. Danau yang luasnya melebihi luas Singapura ini terbentuk dari letusan gunung berapi Toba yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu. Letusan tersebut menghasilkan sebuah kawah besar yang akhirnya terisi dengan air hingga membentuk danau yang besar hingga sekarang. Bahkan saking dahsyat letusannya, ledakan Gunung Toba membuat suhu di seluruh permukaan bumi turun sebesar 5 derajat celcius. Tapi berkah dari letusan dahsyat mematikan itu, kini Danau Toba menjadi salah satu wisata andalah Sumatera Utara bahkan Indonesia. Bahkan jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba pada tahun 2018 mencapai 380.000 orang. Lalu apa saja sih yang wajib anda lakukan jika sedang berwisata ke Danau Toba? berikut ini things to do saat anda berada di sana.

Things To Do

  1. Berenang Di Danau

Tentu saja berenang merasakan segarnya air danau toba merupakan hal yang sayang sekali untuk di lewatkan. Terdapat beberapa spot di sekeliling danau toba yang aman di gunakan untuk berenang, salah satunya di Hotel Inna Parapat. Hotel ini memiliki pantai pasir buatan dan spot yang sudah di akui ke amanannya untuk berenang.

  1. Mengunjungi Perkampungan Batak

Suku Batak merupakan suku yang mendiami wilayah seputaran danau toba, dan termasuk salah satu suku yang mendominasi provinsi Sumatera Utara. Di Danau Toba, adat dan kebudayaan batak sangat terasa kental sekali. Anda dapat mengunjungi perkampungan batak Huta Siallagan. Di perkampungan ini banyak terdapat Rumah Bolon yaitu rumah adat Batak yang masih terjaga sampai sekarang. Disini anda dapat belajar mengenai kultur budaya batak dan juga sejarahnya.

  1. Menyebrang Ke Pulau Samosir

Danau Toba dan Pulau Samosir seperti sudah satu paket. Tak lengkap rasanya jika ke danau toba tapi tidak mengunjungi Pulau Samosir. Ada beberapa titik penyebrangan ke Pulau Samosir, salah satunya dari pelabuhan Parapat. Anda bisa ambil kapal ke arah Tuk Tuk yang merupakan salah satu spot untuk wisatawan. Di Tuk Tuk banyak yang menjual berbagai souvenir khas Batak yang bisa anda jadikan buah tangan ketika pulang ke tempat asal anda.

Baca Juga : Aceh Tak Hanya Punya Wisata Religi

  1. Singgah Ke Danau Di Dalam Danau

Apakah anda tahu, bahwa di Pulau Samosir terdapat danau lagi?. Danau Sidihoni merupakan danau yang ada di dalam danau Toba. Ukurannya tentu jauh lebih kecil dari Danau Toba, tapi pemandangan di sekitar sini tidak kalah indah. Buat anda yang membawa peralatan camping, danau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda bermalam di alam terbuka. Untuk mencapai kesini anda bisa menyewa mobil atau motor rental pada jasa rental di sekitaran pelabuhan.

  1. Mencicipi Kuliner Khas Batak

Seperti daerah lain di Indonesia yang kaya akan kulinernya, Tanah Batak pun juga seperti itu. Anda harus mencoba beberapa penganan khas batak yang sayang sekali di lewatkan. Tapi satu hal yang perlu anda ketahui, mayoritas masyarakat Danau Toba menganut Kristen Protestan. Untuk anda yang beragama islam mungkin tidak bisa mencicipi beberapa makanan khas batak. Tapi tenang saja, masih banyak kok makanan khas batak yang dapat anda cicipi, salah satunya yang berbahan dasar ikan. Anda sedang berada di Danau Toba, tentu saja anda dikeliling oleh ikan-ikan segar yang dapat langsung anda masak. Ikan Mas Arsik yang di masak dengan rempah-rempah dengan cita rasa pedas nya yang khas.