Kuliner Khas Betawi Yang Perlu Anda Ketahui

kuliner khas betawi

Posiesandpoms – Apakah anda adalah satu dari jutaan orang yang mengadu nasib di Jakarta? Lalu apakah anda seorang yang cinta kuliner ?. Biasanya orang yang suka kulineran akan mengincar makanan khas dari daerah dia berkunjung. Tapi selama bertahun-tahun anda tinggal di Jakarta, pernah kah anda berpikir apa makanan khas dari Jakarta tempat anda tinggal saat ini? Ya, seperti hal nya daerah lain di Indonesia, Ibukota kita juga tidak kalah soal kulinernya yang cocok dilidah semua orang. Yuk kita cari tahu apa saja kuliner khas Jakarta yang patut anda coba.

  1. Roti Buaya

Siapa sih orang Jakarta tidak kenal dengan roti fenomenal ini. Bahkan satu Indonesia pasti mengetahui roti dengan bentuk buaya ini. Lalu kenapa roti buaya menjadi penganan khas dari Jakarta?. Roti Buaya merupakan roti yang terbuat dari tepung terigu dan tepung. rasanya manis dan gurih, biasanya di bawa sebagai seserahan dalam pernikahan adat betawi. Kenapa harus berbentuk buaya ? karena buaya adalah hewan yang setia kepada pasangannya, maka dari itu buaya di ibaratkan sebagai simbol kesetiaan dalam pernikahan. Anda bisa memilih roti buaya sebagai oleh-oleh jika pulang ke kampung halaman anda.

  1. Kerak Telor

Selain roti buaya yang sudah terkenal sebagai makanan khas betawi, kerak telor juga menjadi salah satu kuliner khas Jakarta. Bahan utama penganan ini terbuat dari beras ketan putih, telur dan udang ebi. Tidak perlu waktu lama dalam memasaknya, hanya kurang dari 10 menit anda bisa langsung menyantap kerak telor yang hangat dan nikmat. Penganan ini sudah menjadi makanan tradisional yang melegenda di Jakarta. Bahkan pada saat Jakarta masih bernama Batavia, kerak telor menjadi primadona bagi pribumi maupun para kolonial.

  1. Soto Betawi

Masakan berkuah ini juga terbilang sudah terkenal se nusantara. Soto Betawi bukan hanya ada di Jakarta, tapi juga sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Rasa kuahnya gurih dan berbeda dengan soto kebanyakan. Isi dari soto ini biasanya daging atau jeroan daging, ada pula yang menyajikannya dengan suwiran ayam bagi yang tidak suka daging sapi. Soto Betawi biasanya dimakan dengan nasi putih dan kerupuk yang menambahkan kenikmatan daripada soto ini.

Baca Juga : 6 Hal Yang Ditawarkan Bunaken Sang Surga Bawah Laut

  1. Dodol Betawi

Salah satu kuliner lainnya yang dapat anda jadikan oleh-oleh untuk orang di tempat anda berasal adalah dodol betawi. Penganan ini juga sudah sangat terkenal sebagai makanan khas betawi. Dodol ini terbuat dari kelapa dan ketan, rasanya manis agak lengket dan sangat kenyal.

  1. Kembang Goyang

Camilan ini juga salah satu dari penganan khas dari kota Jakarta yang juga terdapat di seluruh daerah di Indonesia. Bentuknya seperti bunga karena memakai cetakan dari stainless yang menyerupai bunga, kemudian cetakan di celupkan ke adonan lalu cetakan tersebut langsung dimasukkan ke dalam minyak panas. Tak lama kemudian adonan akan terlepas dari cetakan karena digoyang-goyangkan. Maka dari itu lah namanya kembang goyang. Kembang goyang juga masih acap di jumpai di pasar-pasar traditional di Jakarta. Rasanya manis dan ketika digigit terasa renyah.

  1. Bir Pletok

Jangan tertipu dengan namanya, walaupun namanya adalah bir tapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini juga sudah terkenal sejak lama sebagai minuman tradisional masyarakat betawi. Tidak hanya enak, minuman ini juga menyehatkan karena terbuat dari rempah-rempah, jahe serta serai, lalu ditambah dengan daun pandan wangi yang semakin membuat nikmat minumuan ini.

Itu lah beberapa kuliner khas Jakarta atau Betawi yang patut anda ketahui. Semoga bermanfaat