Tips Berwisata Ke Singapura Dengan Budget Pas-Pasan

liburan murah singapura

Negara Singapura yang merupakan tetangga dari Indonesia telah menjadi destinasi wisata bagi orang-orang di seluruh dunia. Walaupun Singapura di nobatkan oleh Economist Intelligence Unit (EIU) sebagai kota yang mempunyai biaya hidup paling mahal di dunia, di atas Paris, Prancis dan Oslo, Norwegia. Tetapi tidak membuat orang mengurungkan niatnya untuk berwisata berwisata ke negara yang paling terkenal dengan patung Merlion nya ini. Mungkin salah satu yang sedang berpikir untuk jalan-jalan ke Singapura adalah anda. Tetapi anda takut akan menghabiskan banyak biaya jika berlibur kesini?

Jangan khawatir, Posiesandpoms akan memberikan tips kepada anda berlibur di Singapura dengan budget yang minim. Simak sampai habis.

  1. Masuk Ke Singapura lewat Batam

Kalau anda tidak tahu, tiket ke Batam lebih murah daripada tiket langsung ke Singapura. Bahkan masih lebih murah jika ditambah dengan ongkos ferry Batam ke Singapura. Maka dari itu cara pertama untuk menekan budget perjalanan anda ke Singapura adalah masuk ke Singapura lewat Kota Batam via kapal ferry.

  1. Menginap di Batam

Biaya hidup di Singapura yang mahal sudah menjadi rahasia umum bagi para pendatang. Termasuk biaya makan, hotel, transportasi dan lain-lain. Maka dari itu saran selanjutnya adalah anda menginap di Batam. Karena di Batam sangat banyak hotel murah khusus backpackers dibandingkan Singapura. Saat di Batam, anda harus ambil jadwal ferry paling pagi untuk ke Singapura agar tidak buang-buang waktu di Batam. Dan ambil lah jadwal ferry kembali ke Batam pada malam hari atau sesuai keinginan anda.

  1. Bawa makanan dan minuman ringan dari Batam.

Perlu anda tahu, harga 1 botol kemasan air mineral 600ml di Singapura adalah sekitar SGD 1,5 atau sekitar 20 ribuan Rupiah. Tentunya bagi kita itu tergolong mahal. Belum lagi makanan ringan dan makanan berat lainnya. Maka dari itu beli lah minuman atau makanan di Batam. Anda juga bisa mengisi ulang air minum gratis di beberapa tempat di Singapura.

  1. Beli Simcard Lokal

Sebenarnya ini opsional, karena di Singapura terdapat banyak titik wifi gratis. Tapi jika anda orang yang ingin terhubung dengan internet maka beli lah simcard lokal. Karena jika anda memakai roaming international, biaya internet anda akan membengkak. Harga simcard lokal Singapura yang paling murah adalah SGD 12 atau sekitar IDR 110.000. Dengan simcard ini anda sudah dapat 100GB untuk 7 hari. Jika anda liburan berdua, anda bisa patungan membeli simcard ini dengan teman anda dan berbagi hotspot.

Baca Juga : 6 Tempat Yang Perlu Anda Kunjungi Jika Berwisata Ke Negri Jiran Malaysia

  1. Membeli EZlink untuk Transportasi

EZlink adalah uang elektronik di Singapura untuk membayar transportasi. Harga kartu nya adalah SGD 12, yaitu SGD 5 untuk harga kartu dan SGD 7 untuk saldo nya. Jika anda ingin pergi kemanapun di area Singapura sangat di sarankan untuk memakai Bus Umum atau MRT. Karena jika anda naik taksi konvensional, harga yang anda bayar cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 100.000 untuk 3 km. Sedangkan jika naik bus umum, minimal harganya hanya SGD 1 atau Rp. 10.000 saja tergantung jarak. Tenang saja, karena setiap tempat wsiata di Singapura itu bisa di jangkau oleh angkutan umum.

  1. Menginap di Litte India

Bagi anda yang ingin merasakan bermalam di Singapura tapi ingin menginap dengan budget rendah, maka cari lah hotel di sekitar China Town atau Little India. Dua tempat ini terkenal di kalangan Backpackers sebagai daerah dengan banyak hotel murah. Anda bisa memilih antara hotel kapsul, hostel(1 kamar beramai-ramai) atau hotel biasa.

Demikian lah tips yang dapat posiesandpoms berikan untuk anda yang ingin jalan-jalan ke Singapura dengan budget minim. Semoga bermanfaat.